Selasa, 24 Februari 2009

Arti Sahabat


Tentang arti sebuah persahabatan, Ibuku pernah bertanya, apakah bagian tubuh terpenting dalam hidupmu? Betahun-tahun aku selalu menebak dengan jawaban yang aku anggap benar, namun ternyata tidak......

Akhirnya, pada saat pengawal kakekku dan kemudian juga pengawal bapakku (yang juga pernah menjagaku sewaktu aku kecil) meninggal. Seluruh keluarga bersedih dan menangis. Bahkan, saat itu bapakku-pun menangis. Ibuku bertanya, ”apakah kamu sekarang sudah tahu, bagian tubuh mana yang paling penting?”

”Pertanyaan ini penting, ini akan menunjukkan kepadamu apakah kamu sudah benar-benar ”hidup”

”Anakku, bagian tubuh yang paling penting adalah bahumu”

Aku bertanya, ”apakah karena fungsinya untuk menahan kepala?

Ibuku menjawab ”Bukan....., karena bahu dapat menahan seorang teman atau orang yang sangat kamu sayangi ketika mereka menangis. Ibu hanya berharap, kamu cukup punya kasih sayang dan sahabat agar kamu selalu punya bahu untuk menangis kapanpun kamu butuhkan”

Akhirnya aku tahu, bagian tubuh yang paling penting adalah tidak menjadi orang yang mementingkan diri sendiri. Tapi simpati terhadap penderitaan yang dialami orang lain. Orang akan melupakan apa yang kita katakan. Orang akan melupakan apa yang kita lakukan. Tapi orang TIDAK akan pernah lupa bagaimana kita membuat mereka berarti.


Leo,dikutip dari suatu sumber
(Medan, 25 Feb 2009 dini hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar