Senin, 23 Februari 2009

Reuni???????


Sebenarnya tadi pagi gue juga udah mau saranin utk buka tema diskusi yang baru mengenai reuni ini. Tapi kompi gue lagi error. Dan seneng liat bahwa Leo dah berinisiatif. Bravo, bro!

Kalo saran dari gue:
- ditetapin dulu satu atau dua orang "Motivator" utk acara reuni ini.. Motivator ini tidak harus berarti langsung jadi koordinator. Melainkan fungsinya sbg koordinator interim gitu deh, sampai nanti benar2 ditemukan koordinator yang pas dan cocok, dalam arti yang bisa diserahin tanggungjawab dan pinter berorganisasi. Motivator ini juga yang menyemangati terus ide ini , mengingatkan terus, sampai panitia yang jelas akhirnya terbentuk. Kalau tidak ada motivator ini, kesulitannya adalah bahwa sebelum ide reuni ini matang, tapi keburu jadi kabur dan tenggelam sejalan dengan waktu.

Motivator ini juga fungsinya utk brainstorming, ngumpulin ide2, jajak pendapat, mencari tau keinginan dan harapan mayoritas itu apa dlsb, supaya bisa terbayangkan seberapa besar tantangan, biaya dan pekerjaan yang harus dikerjakan oleh panitia nanti.

Nah, kalau motivatornya dah diketemukan, baru kemudian dibahas:
1. Skala reuni dari jumlah peserta
Hanya 10 orang? 20 orang? 1000 orang?
Reuni yang gue dambain sih adalah reuni skala besar, jadi harapannya pesertanya 50 orang ke atas. hehe.. muluk banget impiannya? ya.. kalo sudah mulai, orang bilang jangan setengah2.. satu sisi jgn terlalu pesimis tapi di sisi lain jgn terlalu takabur juga.
Kalao mau reuni utk 10-20 orang mah dak usah repot2 bentuk panitia segala.. rite?

2. Kategori peserta
Siapa yang diharapkan utk ikut? Siapa yang boleh ikut? Hanya alumni angkatan tertentu? Yang pernah sekolah di Budimurni? Bagaimana dengan guru2? dlsb

3. Waktu acara
Bulan depan? Tahun depan? Waktu Imlek? Idulfitri? Liburan sekolah (buat yang dah punya keluarga)
Seperti yang sudah gue singgung, kalau memang hanya berharap 10 sampe 20 org, dak perlu begitu ribet.. setiap waktu juga bisa diadakan. Tapi kalau utk skala besar dan terbuka utk angkatan berapa saja, maka waktu yang direncanakan itu perlu paling nggak satu tahun yang akan datang. Ini utk mengakomodasi rekan2 yang tinggal di luar negeri. Mereka2, gue rasa sebagian besar juga rindu utk berreuni, tapi masalahnya mereka tidak bisa dipaksa: bulan depan acara, bulan depan harus pulang!! Tapi harus direncanain juga, mengingat biaya perjalanan, cuti kerja, liburan anak2 sekolah dlsb.

Dalam Discussionsforum di Facebook ini ada modul Polling nggak?

yah, itu aja dulu sih masukan gue..

Gue dulu pernah juga ajuin usul ini di satu mailinglist budimurni.. tapi responnya cuman satu dan negatif hehe.. bahwa reuni tdk mungkin, hanya kalau kita semua sudah tua, dan jadi anjing penjaga pintu (ko mui kau) baru deh reuni bisa diadaiin. eh, "ko mui kau" itu bukan istilah dari gue lho, melainkan dari rekan tsb hehe.

Di sini gue liat, Leo sudah memulai, tentu masalahnya sdh lebih gampang, mengingat posisi lo yang berada di Medan. Leo juga banyak teman dan koneksi di Medan. Mengingat ide reuni ini dilemparkan ke group Budimurni di facebook ini, yang keanggotaannya terbuka bagi semua generasi... maka etisnya acara ide reuni ini juga tdk hanya exklusiv utk angkatan 93 and 94... tapi perlu melibatkan generasi tua di atas 93 dan generasi yang lebih muda di bawah 94.

Angkatan 94 menurut gue juga kebetulan strategis.. karena antara taon 94 sampe 09 udah ada 15 tahun, dan 15 taon sebelum 94 adalah 79, jadi sekali lagi angkatan 1994 berada di antara generasi 1979 sampe 2009. Cukup strategis dan netral bukan? hehe.. maksudnya bisa menjadi jembatan buat saudara yang lebih tua, dan saudara yang lebih muda.

Setau gue, para senior sdh sering juga ngadain reuni.. bisa minta nasehat mereka juga.

Salam persaudaraan
Rizal, Angkatan 94

4 komentar: